monster gila

fakta monster gila

bermain mangsa
telur, mamalia kecil, burung, reptil
fakta yang menarik
Ekor kadal ini juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan lemak!
Habitat
semak, gurun, hutan
predator
manusia, anjing hutan, raptor
diet
karnivora

Posting ini mungkin berisi tautan afiliasi ke mitra kami seperti Chewy, Amazon, dll. Pembelian ini membantu kami memajukan misi AZ Animals untuk mendidik spesies dunia.

Lihat semua gambar Gila!



Kadal monster adalah kadal terbesar di Amerika Serikat!

Monster Gila tidak hanya kadal terbesar di Amerika Serikat, tetapi juga salah satu dari empat kadal berbisa di Amerika Utara. Lainnya adalah kadal manik-manik Meksiko yang ditemukan di Guatemala dan Meksiko. Meski berbisa, Monster Gila adalah hewan yang cukup lesu dan tidak berbahaya bagi manusia. Ditemukan di Sonora, Meksiko, dan Amerika Serikat bagian barat daya, status konservasinya hampir terancam.

© AZ-Animals.com

5 Fakta Monster yang Sangat Gila!

  • Sekelompok monster Gila dikenal sebagai lounge.
  • Mereka memasuki keadaan yang disebut "hibernasi", yang merupakan keadaan hibernasi untuk hewan berdarah dingin.
  • Mereka menyimpan lemak di ekornya. Ini memungkinkan mereka berpuasa selama berbulan-bulan.
  • Monster Gila memiliki "nilai rentang aerobik" yang tinggi. Ini berarti mereka mengambil dan menggunakan oksigen dengan sangat cepat dari istirahat hingga latihan maksimal. Hal ini memungkinkan kadal yang biasanya lamban menikmati periode aktivitas yang intens.
  • Gigi Monster Gila memiliki lekukan tempat racun dapat disuntikkan.

Anda dapat melihat lebih banyak fakta luar biasa tentang Monster Gila di sini.

Alur di gigi monster membantu menyebarkan racun dengan cepat ke mangsanya.

© MonsterDoc/Creative Commons – Lisensi

nama ilmiah

Nama ilmiah Gila Monster adalah Heloderma suspectum . Heloderma , atau "kulit bertatahkan", berasal dari dua kata Yunani kuno. "Helos" berarti kepala paku. "Derma" berarti kulit dalam bahasa Yunani. Ahli paleontologi Amerika Edward Drinker Cope menciptakan istilah Suspectum karena kadal itu awalnya dianggap sebagai subspesies dari kadal manik-manik. Itu milik kerajaan Animalia , kelas Reptilia dan keluarga Snakeskin .



Spesies ini mendapatkan namanya karena melimpah di lembah Sungai Gila di New Mexico dan Arizona. Adapun "monster", kadal yang lebih besar ini, di mata orang-orang yang pertama kali bersentuhan dengannya, pastilah monster yang luar biasa. Bahkan ada mitos di Old West bahwa kadal raksasa memiliki nafas yang beracun, dan orang Apache memiliki kepercayaan yang sama. Sebenarnya racun monster Gila memang memiliki bau, namun baunya sendiri tidak beracun.

tanda hutan belantara yang gila
Monster Gila dinamai berdasarkan area tempat ia pernah ditemukan dalam jumlah besar.

©William Silver/Shutterstock.com

2 monster gila

Ada dua subspesies kadal monster:

  • Monster Gila Reticulated ( Heloderma suspectum suspectum ): Subspesies yang dinominasikan memiliki tanda yang lebih terang dengan sisik gelap tersebar yang menciptakan penampilan berbintik-bintik dan belang-belang. Itu dapat ditemukan di bagian selatan habitat monster Sila.
  • Banded Gila Monster ( Heloderma suspectum cinctum ): Biasanya, subspesies ini memiliki sisik yang lebih lengkap dalam pita merah jambu dan hitam yang berselang-seling. Itu ditemukan di wilayah utara, terutama di Gurun Mojave.
Gila monster - Heloderma suspectum, beracun, latar belakang putih
Kedua subspesies monster tersebut memiliki pola kulit yang berbeda.

© Eric Isslee/Shutterstock.com

evolusi dan asal

Monster Gila milik keluarga kadal dari keluarga kadal manik-manik , yang anggotanya dianggap sebagai "fosil hidup" yang garis keturunannya berasal dari periode Cretaceous antara 145,5 juta dan 65,5 juta tahun yang lalu. Itu adalah anggota genus Heloderma , yang anggotanya memiliki sejarah evolusi sejak zaman Miosen, sekitar 23,03 juta hingga 5,333 juta tahun yang lalu.

Bukti fosil monster Gila osseoides (deposit tulang pembentuk sisik) yang ditemukan di dekat Las Vegas berasal dari Pleistosen Akhir 8.000-10.000 tahun yang lalu.

Meskipun keduanya adalah anggota dari genus yang sama, Monster Gila adalah spesies yang berbeda dari Kadal Manik-manik Meksiko. Empat kadal manik-manik Meksiko pernah dianggap sebagai subspesies kadal monster. Pada tahun 2013, kadal manik-manik Chiapan ( Heloderma alvarezi ), kadal manik-manik Guatemala ( H. charlesbogerti ), kadal manik-manik Rio Fuerte ( H. exasperatum ) dan kadal manik-manik Meksiko ( H. horridum ) diidentifikasi sebagai spesies unik.

Read more  Which Animals are Herbivores: Understanding the Basics
Kadal manik-manik Meksiko pernah dianggap sebagai subspesies monster Gila.

©Evelyn D. Harrison/Shutterstock.com

penampilan

Meskipun tampaknya tidak ada catatan tentang monster Gila terbesar yang pernah dilihat, reptil ini dapat tumbuh hingga sepanjang 22 inci dan berat hingga 4 pon, menjadikannya kadal terbesar di Amerika Serikat. kadal manik asli Meksiko.Panjangnya bisa mencapai 36 inci dan beratnya hampir 9 pon. Namun, monster Gila lebih berwarna, dan kulitnya yang berpola dianggap sebagai bentuk kamuflase yang melindungi hewan dari pemangsa dan mangsa.

Sulit membedakan jantan dari betina, tetapi jantan cenderung memiliki kepala yang lebih besar dan berbentuk segitiga.

Monster gila dikenal karena kulitnya. Seperti reptil lainnya, tubuhnya ditutupi sisik, tetapi sisiknya memiliki tulang bulat kecil yang disebut sklerit. Lapisan tulang ini bisa ditemukan di mana-mana kecuali di perut Monster Gila yang bercorak merah jambu atau kuning dan hitam. Banyak bagian dari hewan itu berwarna hitam, termasuk kaki, kaki, leher, kepala, rahang, mata, dan lidahnya.

Pola pada kulit kadal menjadi lebih kompleks seiring bertambahnya usia, meskipun individu di bagian yang lebih utara dari jangkauan mereka sering mempertahankan pola remaja. Pola sisik setiap hewan unik.

Monster Gila oranye terang dan hitam, kadal berbisa di jalan Arizona.
Pola pada kulit kadal menjadi lebih kompleks seiring bertambahnya usia.

©Erin Donaldson/Shutterstock.com

Perilaku

Seperti kadal lainnya, monster Gila melepaskan kulitnya selama perkembangan. Betina akan bertelur dalam bongkahan besar dalam dua minggu sebelum bertelur. Laki-laki melepaskan sedikit kulit, dan monster Gila muda tampaknya sering berganti kulit.

Kadal ini biasanya menyendiri dan menghabiskan sebagian besar waktunya bersembunyi di liangnya. Mereka akan keluar untuk berburu dan tetap hangat di bawah sinar matahari. Hewan ini umumnya jinak, tetapi pejantan diketahui selalu memperebutkan betina selama musim kawin. Seperti pegulat sumo, orang yang menjepit lawan ke tanah menang.

Kadal Monster Gila (Heloderma suspectum)
Kadal monster muncul dari liang mereka untuk berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan kehangatan.

©Vaclav Sebek/Shutterstock.com

Habitat

Habitat kadal ini ada di padang pasir dan daerah gersang di selatan Nevada dan San Bernardino County, California. Juga ditemukan di Utah barat daya, Arizona selatan dan barat, New Mexico barat daya, dan Sonora dan Sinaloa, Meksiko. Ketinggian berkisar dari permukaan laut hingga 4921 kaki. Meskipun merupakan makhluk gurun, kadal harus tinggal di dekat sumber air yang stabil.

Saat musim kemarau, biawak muncul dari tempat berlindungnya di pagi hari. Itu mungkin keluar pada malam hari, bukan selama bulan-bulan musim panas ketika udara lebih hangat, tetapi begitu matahari terbenam, panasnya menjadi berbahaya karena perlu menjaga suhu tubuh sekitar 86 derajat Fahrenheit. Namun, jika terlalu panas, kadal dapat menjadi dingin dengan mengeluarkan air melalui kloaka, lubang perut tempat ia mengeluarkan dan bereproduksi.

Kadal tidak bermigrasi, tetapi akan berpindah dari satu tempat berlindung ke tempat berlindung lainnya setiap beberapa hari. Selain gua bawah tanah, tempat berlindung ini juga bisa berupa celah dan semak belukar.

Hewan Endemik di Amerika Utara: Monster Maniac
Monster Gila hidup di habitat gurun.

©iStock.com/kwiktor

diet

Hewan ini tidak rewel soal makanan, bisa bertahan berbulan-bulan tanpa makanan, dan hanya membutuhkan beberapa kali makan dalam setahun untuk tetap sehat.

Makanan kadal termasuk mamalia muda seperti tikus, tupai tanah, dan kelinci. Ia juga memakan serangga, katak, telur, ular, kadal lain dan burung kecil. Kadal tidak suka makan bangkai. Tentu saja, ini adalah hewan yang agak lamban, yang memengaruhi kemampuannya untuk makan pada waktu tertentu.

Monster Gila muda dapat menelan mangsa hingga setengah berat badannya dalam sekali duduk. Mangsa dewasa dapat menelan sekitar sepertiga dari berat tubuhnya.

Hewan itu menemukan mangsanya melalui indra penciumannya yang sangat baik, yang, seperti ular, memiliki lidah bercabang yang mendeteksi molekul bau. Lidah mengangkut molekul ke organ Jacobson, bukaan di atap mulut kadal. Kadal kemudian dapat mengetahui mangsa mana yang dikejarnya. Kadal monster tidak kesulitan memanjat pohon, kaktus, atau tembok untuk mencari makanan.

Seperti ular, Monster Gila dapat menelan mangsanya secara utuh, terkadang bahkan saat masih hidup. Itu meremukkan mangsa sampai mati jika terlalu besar untuk ditelan. Segera setelah makan, Monster Gila mencari lebih banyak mangsa.

Read more  Different types and categories of endangered animals

Makanan apa yang berbahaya bagi monster Gila?

Monster gila di penangkaran tidak boleh diberi makan telur mentah yang dibeli di toko karena risiko keracunan salmonella. Mereka harus diberi air, tetapi wadahnya tidak boleh terlalu besar untuk menggoda biawak untuk mandi di dalamnya. Hewan ini mungkin sangat menyukai mandi sehingga tidak ingin melakukan hal lain!

Wajah closeup monster Gila dengan mulut terbuka dan lidah bercabang mencuat
Monster Gila menggunakan lidahnya yang bercabang untuk mendeteksi aroma mangsanya.

©K Hanley CHDPhoto/Shutterstock.com

Predator dan Ancaman

Monster Gila adalah mangsa yang paling mudah saat mereka masih muda. Yang muda tampaknya menjadi favorit ular, terutama ular raja. Kadal yang lebih tua dimangsa oleh burung pemangsa besar dan coyote. Karena kadal tidak bergerak sangat cepat, predator mudah menerkamnya jika rentan di area terbuka dan dapat ditundukkan dengan cepat. Musang bahkan mungkin menggali monster Gila dari liangnya.

Sayangnya, ancaman terbesar bagi Gila Monster adalah manusia. Populasi kadal menurun karena perambahan manusia dan perusakan habitat. Beberapa orang mengumpulkan monster Gila liar sebagai hewan peliharaan, meskipun hal itu ilegal di beberapa negara bagian.

Kekeringan, yang mungkin diperburuk oleh perubahan iklim, adalah alasan lain penurunan jumlah kadal monster.

Saat monster Gila berada di tanah yang perlu digunakan untuk perumahan atau pertanian, mereka sering dipindahkan ke daerah lain. Mereka sering kembali, bahkan ketika mereka pindah bermil-mil jauhnya. Semakin banyak orang didorong untuk hidup dengan monster Gila yang mungkin mereka temukan di dekatnya, karena kadal raksasa sebenarnya tidak berbahaya.

musang Amerika
Musang akan memangsa monster Gila dan menggalinya keluar dari liangnya.

©Steve Boice/Shutterstock.com

Reproduksi, Bayi dan Umur Panjang

Monster Gila mencapai kematangan seksual pada usia 4 hingga 5 tahun. Musim kawinnya dimulai pada bulan April atau Mei ketika sumber makanan paling banyak. Laki-laki mencari perempuan, menjulurkan lidahnya untuk menangkap aromanya. Ketika dia menemukan calon pasangan, dia menggosokkan dagunya ke punggung dan leher serta kaki belakangnya untuk menahannya. Jika dia tidak ingin kawin, dia menggigitnya dan melepaskan diri dari pelukannya. Jika dia siap, dia akan mengangkat ekornya dan dia akan meletakkan ekornya di bawahnya untuk memastikan kloaka mereka melakukan kontak. Paparan dapat bertahan 30-60 menit, tetapi beberapa sanggama mungkin sesingkat 15 menit atau selama 2,5 jam. Jantan dapat kawin dengan banyak pasangan jika betina menginginkannya.

Kehamilan monster Gila betina berlangsung sekitar dua hingga tiga bulan, dan kemudian di akhir musim panas dia bertelur di liang bawah tanah, seperti tupai tanah. Telur tidak ditetaskan atau dilindungi dan akan menetas pada bulan Oktober. Monster Gila kecil, yang dikenal sebagai tukik, lahir dengan tinggi lebih dari 6 inci dan mampu menggigit dan menyuntikkan racun untuk melindungi diri mereka sendiri. Mereka memasuki brumasi (keadaan tidak aktif) saat baru lahir, memakan kantung kuning telur bagian dalam dan mendapatkan kekuatan selama beberapa bulan sebelum menjadi aktif sekitar bulan Mei.

Monster Gila telah diketahui hidup di alam liar selama 40 tahun. Di penangkaran, umur mereka relatif singkat, biasanya sekitar 8 tahun, tetapi setidaknya satu kadal telah didokumentasikan hidup hingga 20 tahun.

Kadal Gila (Heloderma suspectum) di pantai
Monster Gila menggunakan lidahnya untuk menangkap aroma betina untuk dikawinkan.

©Vaclav Sebek/Shutterstock.com

populasi

Ada ribuan Monster Gila di alam liar, 450 hingga 800 hewan di Utah saja. Hewan ini sangat misterius sehingga sulit untuk mendapatkan angka pastinya. Meskipun demikian, jumlahnya masih menurun dan Monster Gila dianggap terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature. Ini berarti bahwa meskipun hewan tersebut tidak terancam punah, hampir punah, atau rentan, ada kekhawatiran bahwa ia akan segera mencapai salah satu dari status tersebut. Kadal monster dilindungi di Nevada, Utah, dan Arizona.

IUCN
Daftar Merah IUCN mencantumkan Gila Monster sebagai Hampir Terancam.

©Tobias Arhelger/Shutterstock.com

Monster gila di kebun binatang

Ada banyak kebun binatang di Amerika Serikat yang memelihara monster Gila, tetapi mereka terkenal sulit berkembang biak di penangkaran. Mereka termasuk:

  • Kebun Binatang Carolina Utara
  • Kebun Binatang Nasional Smithsonian
  • kebun binatang san diego
  • Kebun Binatang Batu – Kebun Binatang New England
  • kebun binatang Louisville
Read more  cairn terrier
Kebun Binatang Carolina Utara
Kebun Binatang Carolina Utara adalah rumah bagi monster Gila.

© ZikG/Shutterstock.com

Lihat semua 169 hewan yang dimulai dengan G


tentang Penulis

Gin Catherine


Catherine Gin memiliki lebih dari 15 tahun pengalaman editorial di media digital, cetak, dan sosial. Dia dibesarkan di Australia dikelilingi oleh hewan-hewan yang menarik, mulai dari echidna dan laba-laba jaring corong hingga kookaburras dan quokka, dan tanaman asli yang indah termasuk sikat botol dan kayu putih. Tinggal di AS selama sepuluh tahun telah memperluas pengetahuan Catherine tentang flora dan fauna, dan dia serta suaminya berharap memiliki hobi bertani dan kebun sayur di masa depan.

FAQ Gila (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Apakah monster kadal herbivora, karnivora, atau omnivora?

Monster Gila adalah karnivora, artinya mereka memakan hewan lain.

Kerajaan mana yang dimiliki monster Gila?

Monster Gila milik kerajaan Animalia.

Termasuk dalam kategori manakah monster Gila?

Monster Gila termasuk dalam kelas reptil.

Filum apa yang dimiliki Monster Gila?

Monster Gila termasuk dalam filum Chordate.

Keluarga apa yang dimiliki Gila Monster?

Monster Gila milik keluarga kadal monster.

Urutan apa yang dimiliki monster Gila?

Kadal monster termasuk dalam ordo Squamata.

Apa Jenis Mulsa yang Dimiliki Monster Gila?

Monster gila itu ditutupi sisik.

Apa genus Monster Gila itu?

Monster Gila milik genus Monstera.

Jenis habitat apa yang ditinggali monster Gila?

Monster Gila hidup di semak belukar, gurun, dan hutan.

Apa mangsa utama kadal monster?

Monster gila memangsa telur, mamalia kecil, burung, dan reptil.

Siapa musuh alami kadal monster?

Predator Monster Gila termasuk manusia, coyote, dan burung pemangsa.

Berapa banyak telur yang dihasilkan monster Gila?

Monster Gila biasanya bertelur 8 butir.

Apa saja fakta menarik tentang kadal monster?

Ekor Monster Gila Bertindak Sebagai Fasilitas Penyimpan Lemak!

Apa nama ilmiah kadal monster?

Nama ilmiah Gila Monster adalah Heloderma suspectum.

Berapa umur Monster Gila?

Kadal monster bisa hidup 20 sampai 30 tahun.

Seberapa cepat kadal monster itu?

Monster Gila dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 15 mil per jam.

Apa itu Monster Gila?

Kadal monster adalah sejenis kadal. Ini adalah kadal terbesar di Amerika Serikat dan dibedakan oleh sifatnya yang berbisa.

Apa yang dimakan kadal monster?

Monster Gila memakan berbagai hewan, tetapi karena bergerak lambat, mereka lebih memilih telur dan hewan kecil.

Di mana kadal monster hidup?

Kadal ini hidup di daerah gersang di Amerika Serikat bagian barat daya dan Meksiko utara.

Apa yang memakan monster Gila?

Monster Gila dimakan oleh predator seperti anjing hutan, burung pemangsa, dan musang.

Bisakah Monster Gila Membunuh Orang?

Tidak ada catatan tentang monster Gila yang membunuh manusia.

Seberapa Beracun Monster Gila?

Monster Gila tidak terlalu berbisa, tetapi gigitannya dikenal cukup menyakitkan. Pada dasarnya, reptil menjepit orang dengan rahangnya dan mengunyah racun ke dalam luka.

Bisakah Anda memelihara kadal monster sebagai hewan peliharaan?

Di beberapa tempat, orang secara legal dapat memiliki Monster Gila sebagai hewan peliharaan, tetapi mereka harus ditangani dengan sangat hati-hati.

Mengapa disebut kadal beracun?

Dikenal sebagai Gila Monster karena berasal dari Lembah Sungai Gila, terkadang dianggap sebagai monster oleh orang Aborigin dan pemukim.

Apa Perbedaan Monster Gila dan Kadal Manik-Manik Meksiko?

Satu-satunya spesies dalam keluarga kadal monster, kadal manik-manik Meksiko dan kadal monster memiliki banyak kesamaan. Namun, ada beberapa perbedaan antara kedua reptil ini. Karakteristik yang paling menonjol adalah ukuran, habitat, dan perilaku bertarung mereka.

Apa Beda Kadal Monitor dan Kadal Monster?

Perbedaan terbesar antara biawak dan monster Gila termasuk ukuran, lokasi, dan penampilannya.

Terima kasih sudah membaca! Punya umpan balik untuk kami? Hubungi tim editorial 10hunting.com.

sumber
  1. Penghargaan Dokumentasi, tersedia di sini: http://www.docseward.com/
  2. Sains Langsung, tersedia di sini: https://www.livescience.com/58379-gila-monster-facts.html
  3. Situs web Keanekaragaman Hewan, tersedia di sini: https://animaldiversity.org/accounts/Heloderma_suspectum/
  4. Wikipedia, tersedia di sini: https://en.wikipedia.org/wiki/Gila_monster
  5. Majalah Reptil, tersedia di sini: https://www.reptilesmagazine.com/gila-monsters-and-beaded-lizards/
  6. Museum Gurun Arizona-Sonora, tersedia di sini: https://www.desertmuseum.org/kids/oz/long-fact-sheets/Gila%20Monster.php
  7. Petful, tersedia di sini: https://www.petful.com/other-pets/gila-monster-care-guide/
  8. Science Direct, tersedia di sini: https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0006320703002969
  9. Kebun Binatang Nasional dan Institut Biologi Konservasi Smithsonian, tersedia di sini: https://nationalzoo.si.edu/animals/gila-monster